image1

LET'S MAKE SOMETHING|I'M MAKER FROM SANTRI

Apa yaa pengertian Torrent tuhh

Torrent

Mengenal Torrent, funsi torrent, rahasia torrent 
Download torrent sebagian besar dijadikan tempat berteduh untuk makan (donwload) yang paling populer dan paling di buru para blogger dan pengguna lainnya. 
sekilas penjelasan dari beberapa artikel yang ada di dunia mbah google ane coba posting. 

Apa itu Torrent ? 
Jika anda pernah melakukan pencarian software. game atau film gratis melalui internet , tentunya pernah mendapati lik donwload dengan extention Torrent. Jadi file Torrent adalah file kecil yang berisi informasi download yang dapat didwonload dengan menggunakan aplikasi/software client torrent seperti uTorrent,biTorrent dan masih banyak masih aplikasi client Torrent lainnya. Tapi kalo saya pake Utorrent kare udah biasa. 

Torrent merupakan sistem download file dengan menggunakan peer to peer. File torrent yang kita temukan selalu berextensi “*.torrent” dengan kapasitas yang hanya beberapa kilobit. Didalam file tersebut berisi informasi file yang akan di download, mulai dari kapasitas file, jumlah filenya, dan dimana file harus di download. Jadi file torrent ini bukan file yang sebenarnya , dan file yang kita donwload bukan berada di dedicate server tetapi dari berbagai jaringan komputer peer to peer yang saling terhubung dengan mengunakan aplikasi client torrent. Jadi setiap komputer yang mendonwload file tersebut otomatis menjadi server share buat yang lainnya. Intinya semua komputer saling berbagi antara satu dengan yang lain. 
Sesungguhanya dalam mendownload file torrent melalui 2 tahap , yaitu yang pertama anda mendownload file dengan extensi Torrent contohnya “ namafilenya.torrent “ , yang kedua setelah anda dapatkan file torrent lalu buka /load file torrent tersebut dengan menggunakan aplikasi/­software client Torrent ( uTorent,biTorrent,dll) untuk mendownload file aslinya. Didalam mendownload file torrent anda harus mengetahui dan mengenal apa itu Seeder dan Leecher. Seeder adalah komputer yang sudah mendownload 100% lengkap atau memiliki file lengkapnya serta menshare file tersebut dan LeeCher adalah komputer yang sementara dalam proses download atau filenya belum 100% lengkap atau bisa jadi komputer sudah mendownload 100% lengkap tetapi tidak di share lagi. 
Jadi jika anda berniat mendownload file torrent carilah yang memiliki Seeder paling banyak, biasanya informasi ini bisa anda dapat di web pada saat and mendapat file torrent . Ini berarti jika tidak ada Seed berarti download anda tidak akan selesai-selesai, makin banyak seed makin cepat kita downloadnya apalagi semua Seeder aktif ( online ). Saat mendownload file dengan menggunakan client torrent nanti akan terlihat jumlah seeder dan leecher. 
Manfaat Torrent 
Menggunakan file torrent ini sangat bermanfaat dalam mendownload file-file berukuran besar hinga bergiga-giga . File-file tersebut bisa berupa Game, Software, dan Film. Karena kita terhubung peer to peer jadi saat mendownload file aslinya, kita bisa pause dan resume sewaktu waktu. 
Mungkin ada bertanya, dimana kita bisa dapatkan file torrent yang kita mau? …. Ada banyak situs-situs penyedia file torrent ( torrent tracer ) antara lain bisa anda cari di isohunt.com,torrentz­.com,kat.ph dan masih banyak yang lain. Di situs tersebut anda bisa cari file apa yang anda cari pada kolom pencarian, mungkin saja anda pengen cari download film Harry Potter terbaru , anda cukup ketik kata kunci yang anda cari dan klik search. Maka jika file tersebut anda, list filenya akan muncul dan anda tinggal pilih file torrentnya dan download simpan di komputer anda dan setelah itu anda bisa load menggunakan aplikasi client Torrent untuk mendownload file aslinya. 


Seeding, Seeding, Seeding 
Kunci utama untuk mendapatkan peningkatan kecepatan download dengan torrent adalah dengan Seeding. Biarkan file yang sudah Anda download di tempat semula. Atau jika Anda perlu memindahkan file tersebut, copy saja ke tempat yang baru. Harddisk sekarang sudah lumayan besar untuk dapat menampung file yang sama dalam beberapa kopi sekaligus. 
Menurut pengamatan saya, uTorrent memiliki semacam Sistem Kredit Internal yang tertanam dalam program/database pusat Torrent. Lalu apa Sistem Kredit yang kita bicarakan di sini? Sistem ini merupakan sebuah program yang mencatat data transaksi download dan upload yang telah kita lakukan. Ada peraturan dasar yang diterapkan pada tiap byte yang Anda download/upload. Misalnya begini, Anda harus sudah melakukan upload sebesar 1.5 MB untuk dapat melakukan download 1MB. Dengan demikian rasio yang digunakan untuk melakukan download dibanding upload adalah 2:3. Ini merupakan standar yang masih masuk akal bagi para uploader dan downloader. Ingat, ini adalah angka minimal.. 
Dengan meningkatkan rasio download:upload Anda akan meningkatkan secara drastis kecepatan donwload Anda. Ingat bahwa setiap kali Anda selesai download, sisakan waktu untuk melakukan seed minimal untuk memenuhi rasio 2:3. Ini akan membantu komunitas Bit-Torrent. Jangan hanya jadi beban bagi orang lain. Oke, kembali ke skenario awal. 
Download File dulu, baru Seeding 
image torrentSaya lebih suka mendownload file dulu, kemudian melakukan seeding kemudian. Akan lebih mudah jika saya set upload speed menjadi 3KB/Sec sehingga proses download bisa lebih cepat. Saya pakai koneksi speedy yang katanya bisa mencapai 1MBps Download dan 128Kbps Upload. Semakin banyak alokasi untuk upload speed, semakin lambat download yang bisa kita lakukan. Mungkin ini masalah yang paling sering dialami para downloader. Bagaimana cara mengoptimalkan ini? 
Begini caranya, setiap kali Anda memulai download sebuah torrent, pastikan upload speed Anda di atas 20KB/sec. Biarkan setting ini bertahan hingga minimal satu jam. Ketika Rasio Anda sudah mencapai 1:1, turunkan upload speed menjadi 8KB/sec atau lebih. Saya merekomendasikan 10KB/sec. Ini akan menunjukkan kepada UTorrent dan tracker bahwa Anda adalah seeder yang potensial sehingga mereka akan memberikan bandwith lebih bagi Anda. Setelah beberapa jam periksa lagi torrent tersebut, kecepatan Anda akan meningkat drastis. Jika tidak ada perubahan, bisa jadi torrent Anda tidak terlalu populer, atau metode saya ini yang keliru. 
Jangan lupa, Seeding Kemudian 
Ingat untuk selalu melakukan seeding setelah torrent selesai Anda download. 
Seeding akan membantu sebuah torrent tetap hidup. Anda bisa mendownload torrent karena ada orang lain yang melakukan seeding kepada Anda. Ingat hal ini! Jangan hanya mengambil tapi juga beri sesuatu kepada komunitas. Anda berikan 1,5 kali lipat apa yang anda dapat dan Anda akan dapatkan kecepatan download yang optimal. Saya menyarankan jika Anda selesai melakukan 3 kali download file torrent, biarkan file tersebut tetap berada di tempatnya selama satu malam dan set upload speed Anda ke posisi maksimal. Kemudian ulangi setiap kali 3 kali download berikutnya. Dengan demikian Anda Akan mendapatkan file yang Anda butuhkan dengan cepat sekaligus memberikan hak kepada komunitas dengan fair.

Share this:

CONVERSATION

0 comments: