image1

LET'S MAKE SOMETHING|I'M MAKER FROM SANTRI

Cara Memastikan Battery Mesti di Ganti

Cara Memastikan Battery Mesti di Ganti
Cara Memastikan Battery Mesti di Ganti

Kadang dalam praktek sehari hati kita ragu ragu sebuah battery apakah masih layak pakai atau tidak.
Karena kalaupun kita punya AVO meter dan mengukur tegangan nya, kadang tegangan itu "kelihatan" normal, padahal ketika di gunakan nggak bisa berfungsi, jangan merasa aneh dahulu, karena kita mesti memahami apa yang disebut "hambatan dalam" sebuah sumber tegangan, terutama hambatan dalam sebuah sumber tegangan yang sudah lama di pakai. Battery untuk remote kontrol contoh nya.
Saya punya contoh battery remote kontrol keperluan "khusus" type battery nya : 23A 12 V L1028, walau tegangannya 12 volt, ukurannya hanya : panjang = 2,75 cm dan diameter nya 1 cm. 
Data pengukuran sebagai berikut :
  1. Kondisi di ukur tanpa beban (tanpa remote kontrol) = 5 V
  2. Kondisi terpasang di beban = 5 V
  3. Kondisi terpasang di beban dan salah satu tombol di tekan = 2,5 V.

1. Pengukuran ke 1 : Kalau melihat contoh ini, ini kasus yang tidak terlalu membingungkan, karena belum di pasang beban saja tegangan nya sudah turun 5V (tanda tanda battery mesti di ganti).
dalam Kasus lain battery belum di beri beban mendekati tegangan normal nya, tentu hal ini membingungkan. Tetapi ketika di pakai tidak bisa bekerja. timbul dugaan beban nya (remote kontrol) nya rusak, padahal tidak.
2. Pada pengukuran ke 2 : Kondisi terpasang beban tegangan tanpa menekan tombol tegangan sama dengan nomor 1, ini menandakan bahwa beban masih menarik arus yang kecil.
3. Pada pengukuran ke 3 : Kondisi beban terpasang dan tombol di tekan, saat inilah remote kontrol menarik arus yang besar, dan makin terlihat tegangan battery "drop" hingga 2,5 V, jelas saja remote kontrol tidak akan bekerja, karena dari kebutuhan 12 Volt hanya mampu di supply 2,5 V. Maka hal ini menunjukkan dengan jelas bahwa : Battery harus di ganti.
Kesimpulan :
Mengetes Battery masih baik atau tidak tidak cukup di ukur dalam kondisi tanpa beban, sebaiknya di test kondisi beban maksimal (dalam kasus remote kontrol ini beban terpasang DAN tombol di tekan).

Share this:

CONVERSATION

0 comments: