image1

LET'S MAKE SOMETHING|I'M MAKER FROM SANTRI

FASA pada TEGANGAN BOLAK BALIK

FASA pada TEGANGAN BOLAK BALIK
FASA pada TEGANGAN BOLAK BALIK


Fasa yang di maksud di sini bukan lah fasa seperti pada PLN (kawat fasa), atau kawat yang nyetrum, tetapi yang di maksud fasa disini adalah perbanding nilai nilai tegangan bolak balik terhadap tegangan bolak balik yang lain pada saat yang sama.
Contoh pada transformator :
  • Pada transformator yang di beri tegangan PLN 220 VAC, maka keluarannya juga merupakan tegangan AC.Tetapi dengan nilai yang lebih rendah (step down tranformator), jika di ukur pakai AVO meter AC yang terukur adalah tegangan efektif nya. Sedangkan jika di ukur dengan osiloskop, maka yang terukur adalah semua tegangan (dari nol sampai puncaknya / V maksimum = V puncak = Vp). Pada gambar terlihat bahwa 1 gelombang tegangan bb (bolak balik) dapat pula di nyatakan dalam derajat 0 s.d. 360 derajat, untuk menggambarkan perputaran nya, atau dengan bahasa sederhana untuk menggambarkan saat - saat perubahan plus minus nya.
  • 2. Pada Transformator yang menggunakan CT akan terdapat 2 tegangan yang berlawanan fasa 180 derajat antara (misalkan 32 Volt yang atas A, dengan 32 Volt yang bawah B), Dapat di lihat, pada saat 32 yang atas (A) menuju positip tegangannya terhadap CT, maka 32 yang bawah (B) justru menuju ke negatif terhadap CT. Dan sebaliknya pada saat 32 yang atas (A) menuju negatif justru 32 yang bawah (B) menuju positip, itu lah makanya kalau di ambil dari 32 atas dan 32 bawah tegangan nya jadi 2 kali lipat. Mohon dapat di cermati dahulu pengertian fasa ini, kelak akan berguna saat kita membahas penyearahan tegangan AC menjadi tegangan DC. gelombang ini hanya dapat diperlihatkan dengan osiloskop

Share this:

CONVERSATION

0 comments: