image1

LET'S MAKE SOMETHING|I'M MAKER FROM SANTRI

Sharing Baterai Iphone dan Data Teknisnya

Baterai Iphone dan Data teknis sebelum ganti baterai- Pertanggal November2017

Baterai Iphone dan Data teknis - Pertanggal November2017
Baterai Iphone dan Data teknis setalah ganti baterai- Pertanggal November2017

Baterai Iphone dan Data teknis - Pertanggal Juni 2018
Baterai Iphone dan Data teknis - Pertanggal Juni 2018

Prolog

Salam, kali ini mau sharing soal penggunaan baterai ama data teknis juga saran buat pengguna Iphone. Sudah tiga tahun menggunakan produk Apple Iphone, pertama sejak 2015 lalu pertama menggunakan Iphone 5S. Pengalaman pertama setelah migrasi yang sebelumnya menggunakan HP si robot hijau Android,  bangga banget seneng dari sisi performance asli emang gk boong ya. Startup aplikasi gk lama2 langsung muncul dan gk lag. 
Catatan: Walaupun emang bener pake iPhone bakal jarang lag, cuman kalo tahun ini 2018 masih pake iPhone 4 sama aja boong, hardware ama software gk seimbang, kalo saran saya sih 3 tahun release kebelakang kalo mau beli iphone misal ni saya pake iPhone 6S dan ituu masih cocoklah hahaha

Data Teknis

Nahh ngomongin kapasitas battery Iphone yang bermacem - macem kapasitasnya, nah bisa dilihat tabel dibawah ini 
sumber http://socialcompare.com/
Sekarang ini saya menggunakan iPhone 6S. beli second sayang ahh kalo beli baru hehehehe yg penting masih bagus bisa dipake.  Ternyata baterainya sudah diambang parah alias harus ganti baru. Lihat dari gambar diatas Charge Cycles nya udah 665 kali. Yahhh sudah belilah baterai Hippo, singkat cerita empat hari setelah ganti battery Charge Cycles-nya masih di angka 4. Berarti baru isi batre 4 kali punuh.
Dsini saya gunakan colokan Xiaomi 6 lubang dan 3 lubang USB dengan spesipikasi arus keluar max 2A perlubangnya. Juga saya gunakan USB Doctor atau alat yg bisa membaca Tegangan (V/voltage/tegangan) arus yang sedang mengalir (A/current/arus) dan menghitung arus yang sudah mengalir (mAh/mili ampere hour)
Ini saya mulai cas hp-nya dari 1% sampe 100% terlihat sudah mengalir 1773mAh sesuai dengan kapasitas batre Hippo nya sebesar 1715mAh. Ehh kenapa tuhhh lebih, kok gk sama persis di 1715 ?. Jadi ketika masa isi battery hp dalam keadaan stand by tidak mati 58mAh sisa lebihnya.
Terlihat Battery Charge masih 100%, Capacity 100%, dan Voltage 4.31V. Jadi batre masih sehat.
Your battery is designed to retain up to 80% of its original capacity at 500 complete charge cycles. The one-year warranty includes service coverage for a defective battery. If it is out of warranty, Apple offers a battery service for $79, plus $6.95 shipping, subject to local tax.
Finnaly , setelah 5 bulan ganti baterai penurunan dari 101% menuju 94% dan Charge Cycles nya masih 258. Dikutip dari Apple.Com mereka menyarankan bila CC atau Charge Cycles sudah mencapai 500 kali atau 80% capacity harus ganti 😅😅😅,.
Dan terakhir tips charger yang baik itu menurut saya :

  • Tegangan output nya jangan kurang dari 4.7V kalo kurang pasti lama penuh hp-nya
  • Tegangan output nya jangan lebih dari 5.2V kalo lebih bisa merusak komponen yang ada di HP, yang saya alami gunakan charger harga 30rb, ketika saya coba tegangan sampe 5.3V lebih, jadi di finger print tidak berfungsi. tapi kalo udah di lepas lagi kembali normal.
  • Untuk beberapa seri IPhone disarankan arus nya harus di atas 1A agar lebih cepat pengisiaannya. 



Moga manfaat …



Share this:

CONVERSATION

0 comments: